jEdit Community Wiki . Main . NexDatacenter

3 Hal Penting Untuk Memilih Colocation Server Jakarta

Di Indonesia saat ini sudah terdapat banyak perusahaan penyedia fasilitas colocation server atau data center yang tersebar di berbagai lokasi seperti Jakarta, Cibitung, Bogor, Medan, Bandung, Surabaya, Bali, Balikpapan, dan beberapa kota lainnya. Setidaknya ada 2 hal penting untuk menilai layanan pusat data data di Indonesia yaitu aksesibilitas dan kontinuitas. Dengan kata lain, penyedia jasa colocation yang dapat diandalkan adalah yang menyediakan fasilitas pusat data yang dapat selalu diakses terus menerus tanpa gangguan. Jadi pemilihan colocation server terbaik bukan dilihat dari seberapa besar perusahaan tersebut tetapi dengan memperhatikan faktor faktor berikut.

Sertifikasi Tier Data Center Periksa seperti apa colocation data center tersebut sudah disertifikasi oleh uptime institute untuk tier 1, 2, 3, dan 4. Sertifikasi tersebut memiliki persyaratan yang sangat ketat. Sangat dianjurkan untuk memilih colocation jakarta dengan tier 3 di Indonesia atau bahkan sudah tier 4 karena menawarkan kualitas akses hingga 99,99%.

Lokasi Colocation Server Sebuah colocation server harus selalu dapat diakses kapan saja. Agar pusat penyimpanan data tersebut dapat diakses kapan saja, lokasi gedung data center tersebut harus berada di tempat yang aman dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yakni sebagai berikut - Jauh dari wilayah yang sering terjadi demo atau kerusuhan - Bebas banjir. Untuk hal ini, colocation server Jakarta telah menggunakan sistem antisipasi banjir sehingga ruang panel pendukung tidak terendam banjir. - Jauh dari jalur gunung berapi atau berada di batas wilayah aman - Aman dari jalur gempa bumi dan mempunyai sistem ketahanan serta penanganan jika terjadi gempa bumi - Berada di luar jalur penerbangan - Dekat dengan pemadam kebakaran dan kantor polisi

Fasilitas Selain menawarkan lokasi yang layak dan memenuhi standar, gedung colocation server juga harus memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas tersebut meliputi sistem pendingin udara, pencegah kebakaran, tenaga listrik cadangan (genset, UPS data center, gas), keamanan keluar masuk ruangan dan kedung, infrastruktur IT yang terpusat dan sistem isolasi serta multi carrier network.

----- Revision r1.2 - 30 Jan 2017 - 03:41 GMT - Jodi Wruck
Copyright © 1999-2011 by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding jEdit Community Wiki? Send feedback.
Get jEdit at !SourceForge.net. Fast, secure and Free Open Source software downloads